Kamis, 06 November 2014

kisah kamis sore

Selamat hari kamis untuk kamu yang manis nan mistis :) loh !? hehehe lupakan lupakan :D
Okeh, sekarang gue lagi berkunjung ke daerah yang namanya Tangerang, wohoooo jauhnye sama kayak ke Bekasi. Tau kan sebulan lalu meme Bekasi kayak apa hebohnya, kayak apa dibully nya hohoho, nah ini gue rasa kalo orang yang suka bikin meme itu ke Tangerang beliau akan bikin meme Tangerang juga, mungkin :p Apa yang sama ya menurut gue Bekasi within Tangerang? hemm menurut gue sih sama jauhnya (gimana ngga jauh gila gue dijalan 3jam *naik bis ya ini gue* ), sama polusinya (ya sama polusinya karena banyak truk-truk yang berjenis golongan lebih dari 2 ini lalu lalang di jalan Tol Janger dan juga arteri setelah keluar tol), sama macetnya ( ya banyak angkot ngetem yang banyaaaaaakk banget berwarna-warni putih, biru-kuning, ijo, coklat-putih, kuning polos hahaha banyak pokoknya bejejer), itu aja yang sama sih menurut gue ya menurut gue.
hemm terus apa hubungannya ya sama apa yang mau gue ceritain disini? hahaha ngga ada sih :D

Sekarang gue mau cerita apa yang gue alami tadi sore ya sekitar an jam 14.30 mungkin lebih berapa detik tapi gue yakin ngga sampe lebih semenit. Kenapa gue bisa hapal banget? Yupp, karena Bapak yang mau gue ceritain disini adalah Bapak tua yang gue temui ini pertama kali menyapa gue untuk nanya jam. Susah suit euy si tessa disapa Bapak-bapak selagi nunggu bis.. hahaha ngga lah gila ya ini tuh Bapak tua semacam kakek gue tepatnya. Nih ciri-cirinya beliau sekitar an usia 70 tahun, chinese, berkacamata, bertopi, tingginya sama kayak gue, bawa kantong platik item yang entah isinya apa, dan pake sendal jepit.
Gue baru dateng ditempat ini (re: pengkolan biasa nunggu angkot), begitu sampe Bapak tua ini langsung memulai percakapannya,
B : "De, jam berapa ya sekarang"
G: "Jam setengah 3, pak" (sambil senyum)
B: "Mau kemana?"
G: "Terminal senen, pak. Bapak mau kemana?" ( balik nanya tapi jadi agak was-was)
B: "Sama saya juga mau kesana, tapi ini nunggu angkotnya udah setengah jam ngga lewat-lewat"
G: "Oh, masa sih pak? Biasanya banyak lewat sini"
B: "Iya, tadi saya bareng nunggu sama orang tapi dia udah duluan naik bajaj. Mungkin dia buru-buru, saya sih nyantai jadi saya sabarin aja nunggu. Eh tapi kok ini kelamaan nunggunya"
G: (agak ketawa kecil, sedikit dan ngga banyak) "Coba sekarang nunggu bareng saya ada apa ngga pak, hehehe"
B: (datar dan diem aja)
tik...tok....tik...tok... lama juga nih nunggu ye ngebatin gue dalem hati, diliat jam udeh 14.50. Biar kata 20 menit tapi berasa euy nunggu pinggir jalan sambil berdiri dan agak mulai puyeng ngeliat motor lalu lalang. Eh si Bapak tua ini nanya lagi,
B: "Sekarang udah jam brpa?"
G: "Jam 3 kurang 10 pak"
B: "Aduhh sejam ini deh saya nunggu"
G: (dalem hati kasian si bapak, gue aja 20menit kesel apalagi si Bapak. Eh berpikiran mau nawarin bareng naik bajaj tapi gue takut hehehe soalnya kan ngga kenal. Tapi ada dua orang mas-mas gatau mas-mas jawa, sumatera, apa papua datang kayaknya nunggu bis juga)
B: "Ada barengnya lagi nunggu, coba 10menit lagi deh kalo ngga ada juga biar naik bajaj aja. Eh kamu kan ke terminal juga bareng aja ngga apa-apa biar saya yang bayar"
G: "Ngga pak saya nunggu aja ngga apa-apa, ngga buru-buru banget kok. Penasaran saya pak kenapa nih angkot ngga lewat-lewat, biasanya banyak"
B: "Sekarang jam berapa?"
G: " Jam 3 pas, eh lewat 2 menit deng pak"
B: "Udah bareng saya ya naik bajaj, biar saya yang bayar palingan sepuluh atau limabelas ribu" (sambil ngeluarin dompet) 
ngga lama dia nyetopin bajaj dan nyuruh gue yang nawar
B: "coba sana tawar de"
terjadilah tawar-menawar yang akhirnya deal 15ribu. terus Bapak itu ngmong lagi

B: "Ayo ikut bareng, tenang aja ngga usah takut, saya liat kamu inget cucu saya"
G: (okelah kalo bapak maksa ahaha ngga sih dalem hati kasian ya udah tua gini kok kemana-mana sendiri)
dijalan menuju terminal senen, gue, Bapak tua, dan si supir bajaj bertiga didalem bajaj diam tanpa kata *kayak lagu d'masiv* tapi si Bapak ini memecah kediaman dengan bertanya ke gue,

B: "Kamu ke terminal mau pergi kemana lagi?"
G: " Ke Tangerang pak"
B: "Oh tinggal disana?"
G: "Ngga pak, mau kerumah sodara. Saya mah tinggal ngga jauh dari tempat tadi nunggu pak" 
B: "Oh, kenapa sore begini? Mau sampe jam brpa kamu dan balik lagi jam berapa? pasti malem, hati-hati kamu ya malem-malem sendiri naik bis"
G: (gue terhenyuh dong ya, ngebatin Ya Alloh udah lama ngga diperhatiin gini sama sosok lelaki ke Bapak an a.k.a ayah) "Iya pak, nanti disana ketemu mama saya juga, paling pulangnya malem naik taxi pak"
B: "Oh begitu, ya bagus lah. Zaman sekarang untuk anak perempuan seperti kamu bahaya, ngga kayak zaman dulu . Kamu sekolah apa kerja?"
G: "Iya pak hehehe, saya masih kuliah pak"
B: "Oh, bagus. Oh iya itu kenapa kamu ngga naik kereta aja? itu kereta kemana ya?" (ini bajaj lagi stuck ke halang palang pintu rel kereta soalnya)
G: "Banyak jurusan pak, depok, bogor, bekasi, tangerang juga"
B: "Itu kenapa  kamu ngga naik kereta aja? Lebih cepat kan?"
G: "Cepet sih pak tapi jadi tambah jauh ke temapat yang saya tuju kalo naik kereta."
B: "Oh begitu, kamu  kuliahnya dimana? UI?
G: (loh loh ngapa ni Bapak langsung ke UI aja sih taunya) "Iya pak UI, tapi UI nya Universitas Indraprasta bukan Universitas Indonesia hehehe"
B: "Oh, dimana itu? Jauh dari rumah?"
G: "Di Condet pak, iya jauh banget kalo jalan kaki tapi saya naik motor kok biasanya jadi ngga jauh banget deh cuma jauh aja hehehe" 
B: "Ahaha kamu ini lucu ya daritadi, saya jadi inget cucu saya" (tapi mukanya sambil murung)
G: "hehehe cucunya perempuan pak? terus skrang mana?"
B: "Iya perempuan, dia masih kuliah di Depok udah mau selesai tapi sambil kerja katanya cuma ngga tau kenapa ngga selesai-selesai"
G: "Oh,, gitu pak?" (gue ngga banyak nanya lagi sih takut disangka kepo eh tapi Bapak ini ngerti ngga ya istilah kepo? hehehe tapi trus Bapak tua ini ngomong lagi)
 B: "Kamu kuliah yang bener ya, sampai selesai. Kasihan orangtua kamu susah-susah ngebiayain kuliah kamu. Kamu ngga tau kan apa yang udah mereka perjuangin? Banggain mereka jadi kuliah lah sampai selesai ya?" 
 G: "Iya pak, emang tujuan saya cuma mau lihat mama saya bangga sama saya dengan lulus kuliah dulu" (agak sedih deh tetiba) 
ngga lama nih bajaj udah mau nyampe terminal Senen.
 B: "Jaga diri baik-baik ya de, selalu inget Tuhan supaya Apa yang kamu kerjakan itu diberkati Tuhan selalu. Jangan kecewain orangtua kamu ya" 
 G: "Iya pak, makasih ya pak nasihatnya. mudah-mudah an kita ketemu lagi ya suatu saat nanti" (sambil salam dan cium tangan Bapak tua ini)
B: "Hati-hati de, oh iya kamu punya ongkos ngga?" 
G: "Iya, bapak juga hati-hati ya. ada pak ongkos mah tenang aja" 
B: (bapak itu ngerogoh kantong dan ambil uang biru gitu warnanya) "Ini buat kamu" (sambil ngasih itu duit)
 G: "Astagfirulloh pak, ngga perlu pak. Saya ada pak sungguh, Bapak tadi udah kasih nasehat aja buat saya udah makasih banget apalagi pake uang tapi ngga usah pak" (bukan sok-sok an nolak ya) 
 B: "Ya sudah kamu hati-hati ya de dijalan" 
 G: "Iya pak, makasih banyak ya pak"
Dan Bapak itu pergi begitu saja, gue sambil naik bis arah ke Tangerang masih mikirin si Bapak itadi.

Kenapa gue ceritain ini? Ada dua point yang penggen gue share, dari sisi si Bapak dan dari sisi gue. Pertama dari sisi si Bapak itu bahwa PLEASE sayangi dan jagalah orang yang kalian sayang selama mereka masih ada. Apalagi dari cerita si bapak tadi, mungkin dia kehilangan cucunya yang udah jarang nengokin dia, bayangin aja diusia dia segitu masih wara-wiri naik angkot. Apa anak-cucunya ngga ingget sama dia? Atau saking sibuknya ngga ada waktu? Please, korbanin lah waktu yang ngga lebih dari 24 jam (seharian) untuk sekedar bercengkrama sama orang tua atau siapapun di sekitar Anda. Waktu adalah hal yang paling berharga yang pernah diberikan oleh seseorang, karena dengan 30menit waktu yang dia berikan untuk kita, belum tentu akan ada 30menit lagi yang seperti Anda telah berikan. Kayak misalkan temen lo atau siiapa lo cuma sekedar ajak makan, kalo ngga sibuk banget ya temenin aja lah. Ngga tau kan kalo di waktu lo temenin dia seneng banget. Jangan jadi orang yang sia-sa dikemudian hari yaa.

Dan kedua dari sisi gue bahwa gue sadar banget gue bahwa kebaikan yang kita berikan itu bukan karena kita ingin dikenal baik, dan bukan karena pahala tapi lebih karena kebaikan yang kita lakukan karena kita sebagai manusia harus berbuat baik seperti yang pernah gue denger adalah "MANUSIA ITU TERLAHIR BAIK, SEKALIPUN DIA PENJAHAT PASTI ADA PERANG BATIN DALAM KEJAHATANNYA" dan menurut gue saat kita berlaku baik terhadap orang lain dan tidak menuntut orang lain tersebut membalas kebaikan kita, percayalah Tuhan akan memberikan jenis kebaikan yang sama kepada mu seperti yang pernah kamu lakukan melalui orang lain. Entah darimana saja menurut-Nya. Jadi marilah kita menebar kebaikan apapun kepada semua manusia :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar